Dunia marketing saat ini tidak bisa hanya mengandalkan pemasaran secara offline seperti penyebaran flyer, door to door, pemasangan iklan baliho yang gede, iklan di koran, namun jaman sudah mulai berubah, dunia digital sudah menjadi kebutuhan utama dalam pemasaran atau pengenalan suatu perusahaan atau produk yang dijual.

Banyak cara untuk pemasaran melalui online, dapat menggunakan blog, website, media sosial atau toko online seperti tokopedia, shoope, blibli dan lain sebagainya.

Bagi orang-orang yang baru saja memulai memasarkan produknya ke dunia digital tentu saja hal ini bukanlah hal yang mudah.  Persaingan di dunia digital sangat ketat, para penjual berlomba-lomba berusaha agar website, blog dapat muncul di halaman petama Google, agar dapat dibaca oleh calon pembeli dan menaikkan penjualan.  Bagi yang sudah menguasai SEO tentu saja hal ini tidaklah sulit dilakukan, apalagi yang memiliki modal cukup besar, tinggal membayar jasa SEO atau memasang iklan di Google Ads.

Lalu bagaimana dengan mereka yang baru saja memulai usaha, belum paham dengan dunia internet, SEO, Google Ads? Tentu sangatlah sulit agar web atau blog yang dimiliki dapat muncul di halaman pertama Google.

Biasanya yang mereka jalani untuk menjual yaitu melalui media sosial, seperti Facebook, Whatsapp, Instagram atau Twitter.  Ada juga yang menyewa jasa pembuatan website atau blog guna menampilkan produk-produk yang dijual.  Rata-rata bagi pemula yang baru memiliki website, hanya bertahan satu tahun, karena di rasa website tersebut tidak menghasilkan penjualan.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh orang-orang yang baru saja memulai pemasaran melalui dunia digital?

Bagi yang sudah mengenal blogspot atau wordpress bisa membuat blog sederhana untuk menampilkan produk yang dijual atau jika Anda memiliki dana yang cukup Anda dapat membuat website dengan membeli hosting berbayar dan domain, tempat yang saya anjurkan adalah di Domainesia.  Lalu bagaimana mencari keyword yang jitu agar dapat dengan segera muncul di pencarian Google.  Mencari keyword juga bukan hal yang mudah walaupun sudah banyak tools yang disediakan di Google, ada cara yang sederhana dan mudah untuk mencari kata pencarian yaitu dengan bertanya kepada teman-teman atau orang di sekeliling, misalnya barang yang dijual adalah bantal silicon, maka saat mereka mencari bantal silicon di Google, kalimat apa yang mereka ketik di pencarian.  Nah survey yang sederhana ini bisa dijadikan acuan untuk membuat keyword atau judul blog.

Dalam pembuatan blog, di keterangan sisipkan keyword tersebut baik di dalam artikel, maupun di tag/label.  Untuk foto yang akan diupload di beri nama produk dan disisipkan keywordnya, ingat sebelum di upload foto mesti di compress dulu agar ringan saat dibuka di blog.

Update blog tersebut dengan artikel-artikel ringan yang berhubungan dengan produk yang ditampilkan, kalo tadi tentang bantal silicon maka bisa mengupload artikel tentang perawatan bantal silicon, keunggulan bantal silicon atau foto saat serah terima bantal dengan konsumen.  Ada lagi, di page profil pasang foto Anda yang paling keren agar calon pembeli lebih mengenal dan leboh percaya dengan Anda, cantumkan juga link WhatsApp, facebook, Instagram atau media sosial yang lain yang Anda miliki dengan tujuan mempermudah calon konsumen menghubungi Anda.

Setelah memiliki blog atau  website lanjutkan dengan membuat facebook atau facebook fanpage dengan judul yang sama dengan blog.  Ajak teman-teman sebanyak-banyaknya di facebook untuk klik like.  Share link blog, artikel, produk ke dalam facebook fanpage.

Berusahalah interaktif dengan calon konsumen di facebook, seting messenger dengan jawaban otomatis yang diarahkan ke no WhatsApp Anda, dapat pula di beri link yang mengarah ke WhatsApp, karena media sosial yang paling aktif adalah WhatsApp di bandingkan facebook. Dalam profil Anda di WhatsApp cantumkan link blog, untuk mempermudah calon konsumen melihat produk yang lainnya.

Jika Anda memiliki akun Instagram, pergunakanlah sebagai media untuk menampilkan produk-produk yang dijual, hubungkan Instagram dengan facebook sehingga apa yang di upload di Instagram dapat otomatis muncul juga di facebook.  Tempatkan link blog Anda di dalam profil Instagram.

Yang paling utama adalah Anda harus interaktif terhadap calon konsumen yang menghubungi Anda, baik melalui facebook mesenger, WhatsApp, atau DM di Instagram, dengan begitu calon konsumen akan merasa di perhatikan oleh Anda.

Cara sederhana berikutnya adalah Anda membuatl profil usaha Anda di Google Bisnisku, cantumkan keterangan yang lengkap tentang usaha Anda di Google Bisnisku, baik foto produk, foto tempat usaha, pembuatan titik location di Google map, jam buka dan jam tutup.

Lanjutkan dengan membuat blog di Google site, walaupun Anda telah memiliki blog atau website, tidak ada salahnya Anda tambahkan blog baru lagi.  Untuk pembuatan blog di Google site juga cukup mudah, dengan tampilan yang menarik.

Apakah itu semua jika sudah dilakukan sudah cukup?

Jawabanya BELUM CUKUP! Anda mesti dengan ketekunan dan kesabaran mengupload artikel atau produk yang baru secara rutin di blog atau website yang Anda miliki. Karena blog atau website tersebut masih membutuhkan sentuhan dari Anda.  Sekali lagi upload artikel yang ringan yang berhubungan dengan barang yang di jual atau ditampilkan di blog atau website, lanjutkan dengan share di media sosial.  Ingat blog, webiste dan mediasosial adalah benda mati atau alat yang tidak bisa serta merta naik sendiri di pencarian Google, mesti ada campur tangan dari Anda sebagai pemiliknya.

Anda juga dapat membuat video-video pendek dengan durasi 2 sampai 5 menit yang menampilkan produk-produk yang dijual, proses pembuatan produk, paking, testimoni konsumen.  Lalu alatnya apa?  Pergunakan handphone atau Android yang Anda miliki, tidak perlu membeli kamera yang mahal.  Banyak aplikasi editing video yang disediakan di Google playstore yang dapat Anda download dan dipergunakn untuk membuat video tersebut.

Upload video yang sudah Anda buat di Youtube, facebook atau Instagram, jangan lupa cantumkan link blog, website, facebook fanpage, instagram dan Google map.

Minta kepada teman-teman Anda, atau konsumen yang sudah membeli produk Anda dan puas untuk memberikan ulasan  dan bintang di facebook fanpage dan Google Bisnisku yang Anda miliki.
Minta tolong juga untuk membantu share ke temen-teman yang lain, juga untuk subscribe, like dan komentar di Youtube Anda.

Ada sederhana lagi untuk memaksimalkan content marketing, yaitu membuat cuting sticker nama blog Anda, dan ditempelkan di sepeda motor, mobil atau helm Anda.  Ini adalah cara yang sederhana dan jitu untuk mencuci otak orang yang ada di jalan agar untuk membaca link tersebut, jika sudah sering melihat orang akan menjadi penasaran dan mecoba mencarinya di Google.

Nah itulah cara-cara yang sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan marketing di dunia digital.  Tinggal kembali ke diri Anda masing-masing, jika Anda rajin dan tidak malas apa yang Anda harapkan bisa tercapai, tetapi jika Anda ogah-ogahan untuk mengelola media diatas, jangan berharap Anda dapat menghasilkan penjualan dari duni internet.

Semoga dapat bermanfaat.