Pada Tanggal 1 Agustus 2012, paroki administratif Nandan ditetapkan sebagai paroki mandiri dengan SK No. 0549/B/I/b-79/12. SK tersebut ditindaklanjuti dengan Perayaan syukur atas penetapan sebagai Paroki mandiri yang dirayakan secara meriah pada tanggal 4 Agustus 2012 bersamaan dengan perayaan Pesta paroki untuk merayakan pesta pelindung St. Alfonsus Maria de Liguori. Selain itu juga diselenggarakan penerimaan sakramen penguatan, pesta emas Imamat Rm. Joyosewaya Pr., dan pesta perak Imamat Rm. Triwahyono Pr. Misa syukur dirayakan bersama secara konselebrasi dengan 16 imam konselebran. Dalam misa syukur tersebut dilaksanakan penandatanganan berita acara sebagai paroki mandiri dan penandatanganan prasasti oleh Mgr. Yohanes Pujasumarta.

Romo Gregorius Kriswanta, Pr., sebagai Pastor Kepala Paroki pertama dengan SK no 0456/A/VIII/6/12 tanggal 20 Juni 2012 dan Romo Antonius Triwahyono sebagai pastor pembantu (SK no. 0721/A/VIII/6/12 tanggal 1 Agustus 2012), sedangkan Romo Gregorius Sulistiyanto, Pr., dipindahtugaskan ke Paroki Yohanes Rasul, Delanggu. Serah terima jabatan dari romo Sulistiyanto ke rm. Kriswanta secara simbolis dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2012 bersamaan dengan misa syukur Mgr. Pius Riana Prapdi diangkat sebagai Uskup Ketapang, Kalimantan Tengah.

Dari peristiwa itu ditetapkan dua tanggal penting oleh rm. Kriswanta dalam reksa pastoralnya sebagai tonggak sejarah peristiwa iman, yaitu tanggal 1 Agustus 2012 untuk mengingat SK pendirian paroki dan tanggal 4 Agustus 2012 untuk mengingat misa syukur atas penetapan sebagai paroki mandiri. Untuk mengingat dua tanggal tersebut di paroki diadakan baptisan anak dan perbincangan iman bagi umat (BISA: Bincang Iman Santo Alfonsus) yang dapat dilaksanakan pada tanggal 1 atau 4 setiap bulan.

Karena kesehatan romo Triwahyono, sepulang dari rumah sakit Panti Rapih tanggal 24 Agustus 2012, beliau memutuskan untuk tinggal di Domus Pacis Pringwulung dan mendapat SK kepindahan dari uskup no. 015/A/VIII/6/13, sehingga selama beberapa bulan romo Kriswanta melayani seorang diri.

Pada ulang tahun Paroki yang pertama, dirayakan pada hari Minggu tgl 4 Agustus 2013, ditandai dengan pemekaran lingkungan St. Antonius Tegalwaras menjadi lingkungan st. Antonius Tegalwaras dan St. Christophorus Bendosari. Pengurus lingkungan dilantik pada perayaan Ekaristi ulang tahun Paroki. Jumlah lingkungan Paroki St. Alfonsus menjadi 20 lingkungan.

http://www.parokinandan.com/